RESENSI

RESENSI adalah sebuah bentuk tulisan yang berupa uraian atau ulasan mengenai nilai (mutu) sebuah buku yang berisi pertimbangan baik buruknya sebuah buku.

TUJUAN RESENSI ialah untuk memberi rangsangan kepada pembaca agar membaca dan memiliki buku tertentu. Resensi dapat membantu penerbit atau pengarang memperkenalkan buku yang baru diterbitkan.

 

UNSUR-UNSUR RESENSI

1.  Judul resensi

Judul resensi tidak sama dengan judul buku. Judul resensi harus  mencerminkan  isi resensi.

2.  Identitas buku meliputi: judul buku, nama pengarang,  nama penerbit, tempat dan tahun terbit, dan tebal buku.

Contoh :

Lepas dari Sergapan Klise

Oleh :Anwar Holid

Judul        : Ketika Cinta Tak      Mau Pergi

Penulis     : Nadira Khalid

Penerbit   : Lingkar Pena

Tebal        : 306 halaman

3.  Riwayat kepengarangan

mengemukakan latar belakang pengarang, perbandingan dengan karya-karya sebelumnya, penghargaan yang diperoleh pengarang

Contoh :

Pramudya Ananta Toer termasuk salah seorang yang karya-karyanya dilarang beredar di masa orde baru. Sekarang di era reformasi, kita bisa menikmati segala macam buku, termasuk juga karya-karya Pramudya, baik yang dicetak ulang maupun yang baru.Salah satu karya novelnya berjudul “Bukan Pasar Malam” yang ditulis pada tahun 1951.

4.  Gambaran umum isi buku/sinopsis cerita (untuk buku fiksi)

Menggambarkan isi buku secara singkat dan membuat pembaca tertarik   membaca isi buku  tersebut. Untuk karya fiksi dapat dilakukan dengan   memberikan ikhtisar cerita secara singkat.

Contoh :

Ia memandang wajah-wajah cilik itu. Kepolosan yang hari ini akan dicorengi ambisi untuk menjadi yang paling cantik. Wajah mereka yang semuanya dipulasi make up yang seharusnya tidak di sana. Diva memandangi kaki-kaki kecil mereka rata-rata memakai sepatu boots hak tinggi, rok supermini, tank top, atau jaket bermotif kulit binatang.Bahkan sekecil mereka sudah belajar berdandan seperti tukang jagal.

5.  Keunggulan buku

Penulis mengemukakan sisi-sisi menarik dari buku tersebut. Keunggulan buku      dapat dikemukakan berkaitan dengan organisasi atau kerangka karangan, isi, bahasa, serta teknik penulisan buku yang digunakan.

Contoh :

Kisah-kisah yang ditulis dalam novel ini sangat menarik. Namun untuk memahaminya secara mendalam, diperlukan pengetahuan sosial, psikologis, dan sains modern yang memadai.Pengarang tampaknya berhasil mengajak pembaca berkelana berpindah-pindah dari logika ke imajinasi, bahkan ilusi

5.  Kelemahan buku

Penulis mengemukakan sisi-sisi kekurangan buku yang meliputi isi, bahasa, teknik penulisan buku.

6. Gaya bahasa

Penulis mengemukakan    aspek-aspek kebahasaan yang meliputi tanda baca,  ejaan, pilihan kata, struktur kalimat  yang digunakan pengarang dalam bukunya.

Contoh :

Kekurangan kosakata di bidang sains modern dan cara berpikir konvensional dapat menjadi hambatan dalam membaca buku ini. Tetapi tentu tidak salah bagi siapa pun yang ingin mencoba membacanya

7.   Kesimpulan resensi

Kesimpulan berisi kesimpulan yang diperoleh peresensi terhadap buku yang diresensi, manfaat yang akan diperoleh pembaca jika membaca buku tersebut, golongan pembaca yang bagaimana yang perlu membaca buku tersebut, nilai buku jika dibandingkan dengan karya-karya lain

Contoh    :

Buku ini selain menghibur sekaligus menambah wawasan pengetahuan tentang sains modern, khususnya yang berhubungan dengan teknologi komputer dan antariksa. Novel ini mengisi salah satu sisi kosong pada dunia sastra Indonesia yang banyak berbicara tentang konflik batiniah tokoh dengan pola hitam putih.

Categories: Uncategorized | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: